Sabtu, 29 April 2017

cara mendidik anak sesuai ajaran islam

Mendidik anak merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua yang menginginkan anaknya menjadi penerus yang baik dan berguna kelak nanti. Dalam hal mendidik anak sering kali orang tua salah kaprah sehingga secara tidak sadar ia menjadi orang yang melawan orang tua, tidak menghiraukan perintah agama dan hidup sesukanya dan bergaul dengan orang-orang yang dapat mengarahkannya kepada kesesatan. Tentu itu bukanlah hal yang kita semua inginkan terjadi kepada anak kita.
Di dalam artikel yang singkat ini penulis ingin membagikan beberapa hal yang menurut penulis sendiri perlu untuk memahami beberapa hal berikut agar dalam mendidik anak akan menjadi lebih terarah nantinya

3 hal yang perlu dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya sesuai ajaran islam, yaitu:

1. Menanamkan iman yang sedalam-dalamnya.

    Hal pertama yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua dalam mendidil anak adalah menanamkan iman kedalam hati sang anak yang sedalam-dalamnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendidik anak pengetahuan-pengetahuan dasar yang perlu diajarkan orang tua seperti ilmu tauhid agar dia mengenal siapa tuhan sang maha pencipta, tetapi jika orang tua memang tidak memiliki pemgetahuan yang lebih mendalam mengenai ilmu-ilmu seperti itu bisa dengan mengarahkannya belajar di pondok pesantren selama beberapa tahun untuk lebih memperdalam pengetahuannya. Hal ini perlu dilakukan supaya suatu saat kelak kemanapun anak kita melangkah dia tidak melupakan tuhannya meskipun dia berada di wilayah yang mayoritas non muslim.

2. Menghormati kedua orang tua
 
    Orang tua mana yang tidak menginginkan melihat anaknya mendengarkan petuah-petuah dari orang tua. Tentu itu merupakan hal yang sangat kita inginkan karena dengan dia mau mendengarkan, kita akan mudah memberikan saran-saran ataupun perintah yang positif baginya apalagi hal tersebut adalah hal yang bisa berpengaruh terhadap masa depannya nanti.
    seorang anak hendaknya menjadi penerus yang dapat membanggakan orang tua bukan generasi yang membangkang dan melawan perintah-perintahnya sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah Swt sebagai berikut:
Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ahh” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuhrasa sayang dan ucapkanlah, “Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku di waktu aku masih kecil”. [QS. Al-Isra’/ 17: 23-24].  
Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang tuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah engkau mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku akan kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. [QS. Al-Ankabut/ 29: 8].
berikut penulis merangkum beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua agar anak patuh terhadap orang tua:
       - Menjadi suri tauladan
       - Tidak bersikap otoriter
       - Selalu mendoakan yang baik
       - Harus tegas terhadap hal yang benar maupun yang salah
       - Puji mereka jika yang dilakukan itu benar dan sesuai syara'


3. Mendukung cita-citanya.
    Sebagai orang tua jika poin yang pertama dan yang kedua sudah dimiliki oleh seorang anak, maka langkah selanjutnya adalah berilah kepercayaan kepadanya untuk menggapai cita-citanya. Sering sekali yang terjadi adalah dimana cita-cita anak berbenturan dengan keinginan orang tua, yang bisa kita lakukan adalah mengarahkannya bukanlah menentangnya.
     sering sekali cita-cita yang dimiliki oleh seorang anak-anak itu berubah-ubah seiring dengan tumbuh kemb angnya, karena ketika anak masih kecil dia hanya mengatakan cita-citanya itu sebatas keinginan tanpa melihat bakat, skill yang dimilikinya, sehingga semakin ia tumbuh dewasa maka ia semakin sadar dan dapat mengukur kemampuannya sendiri sehingga ia dapat memutuskan sendiri secara matang keinginannya tersebut.
       Namun demikian, apapun yang diinginkannya walaupun yang dipelajarinya merupakan hal yang tidak berkaitan dengan pengetahuan Islam dan harus berada di dalam kawasan yang mayoritas nonmuslim, tetapi jika itu merupakan ilmu pengetahuan maka yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah mendukungnya asalkan cita-cita tersebut tidak melanggar syariat islam.

    beberapa hal simple diatas merupakan poin-poin penting dari sekian banyak poin lainnya yang perlu diperhatikan oleh orang tua supaya anak menjadi terarah kepada hal yang positif. demikianlah saja yang dapat penulis share kepada para pembaca yang mudah-mudahan dapat bermanfaat dan penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan ini dengan itu penulis berharap agar pembaca dapat mencantumkan saran-saran yang bersifat membangun agar penulis dapat memperbaiki kesalahannya untuk kedepannya. Trims
















1 komentar:

  1. If you're looking to lose weight then you have to jump on this brand new personalized keto meal plan diet.

    To design this keto diet service, licensed nutritionists, fitness trainers, and top chefs united to develop keto meal plans that are useful, suitable, cost-efficient, and delightful.

    Since their first launch in 2019, hundreds of individuals have already transformed their body and well-being with the benefits a certified keto meal plan diet can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan diet.

    BalasHapus