Kamis, 30 November 2017

TRIK Singkat Menjawab SKD CAT Agar Lulus Tes


assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana cara mengerjakan soal tes SKD yang biasanya dilakukan ketika seseorang mengikuti ujian masuk menjadi seorang CPNS, POLRI, TNI dan lain-lainnya. tentunya tes beberapa tahun belakangan ini sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih menggunakan tes menggunakan tangan dimana hal ini sangatlah berbeda dengan sekarang ini yang menggunakan komputer untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya sehingga hasil ujiaannya akan langsung dapat dilihat dilayar monitor sehingga sangat disayangkan jika tes yang sudah kita nanti-nantikan tersebut harus berakhir dengan sia-sia  sedangkan usia kita akan terus berlanjut.
sedikit masukan dari saya  tentang bagaimana jika kita mau mendapatkan pekerjaan secepatnya yaitu kita jangan terlalu berfikir panjang mengenai lowongan pekerjaan yang sedang dibuka, jika memang itu sesuai dengan kriteria pendidikan terakhir anda dan peluangnya memungkinkan maka apa salahnya mencoba walaupun jika dipikir-pikir pekerjaan tersebut jauh dari ekspektasi pekerjaan yang anda cita-citakan sebelumnya, tapi percayalah kesenangan itu pasti akan anda dapatkan sendirinya ketika anda mulai menjalankan pekerjaan anda tersebut. amin
langsung saja mengenai beberapa trik menjawab pertanyaan SKD CAT agar bisa lulus:


1. WAKTU

   Dalam hal waktu, kita disediakan waktu sebanyak 90 menit untuk mengerjakan setiap soal-soal yang disediakan. jumlah semua soal yaitu 100 soal, otomatis anda harus mengerjakan rata-rata setiap soal itu kurang dari waktu satu menit. sehingga jika anda berlama-lama dalam mengerjakan soal maka anda harus bersiap untuk menjawab asal-asalan diakhir waktu karena kehabisan waktu untuk mengerjakan tugas.
(saran=setiap ada soal yang terlalu sulit untuk dikerjakan segera tinggalkan karena banyak soal lain yang perlu dikerjakan, toh nantinya jika ada sisa waktu bisa kembali lagi ke soal sebelumnya)


2. KENALI SETIAP JENIS SOAL 
    Setiap soal itu memiliki 3 kriteria soal, 
  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), biasanya soal ini pertanyaannya tidak jauh-jauh dari UUD, Amanademen UU, TAP DPR, MPR dan banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang perlu anda telusuri sendiri secara lebih mendalam baik. menurut mimin tingkat kesulitan dari soal jenis ini standard, tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah dengan catatan kita memiliki keinginan kuat untuk membaca. (saran=banyak-banyakin baca buku PPkN yang dulu agan sering pelajari di bangku SMA, atau gogling aja di WIKI tentang UUD kemudian ada yang agan kurang ngerti biasa agan open link in new tab, sehingga muncul pengetahuan-pengetahuan baru yang belum kita ketahui sebelumnya, itu cara saya dulu sih kalau agan mau cara yang lain itu sih terserah agan, wkkw)
  • TIU (Tes Intelegensi Umum), Tes Intelegensi Umum merupakan salah satu bentuk tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TIU sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan. pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan dalam tes ini adalah tentang aritmatika, deret dan banyak soal cerita yang membuat anda harus menghemat waktu sehemat mungkin ketika menghadapi soal ini, tingkat kesusahan soal TIU ini menurut admin adalah soal yang lebih susah dibandingkan TWK dan TKP. so, ketika menjalani soal TIU ini pandai-pandailah menjaga waktu, seperti kata pepatah waktu adalah uang,hehe wkwk. dan selanjutnya
  • TKP (Tes Karakter Pribadi), tes ini adalah tes bagian terakhir dalam tes CAT, dimana soal ini ingin menguji bagaimana karakteristik pribadi anda dalam menjalani tugas nantinya, bagaimana anda menyikapi suatu permasalahan nantinya dan banyak lagi beberapa pertanyaan logika lainnya yang memang pertanyaan ini ditujukan agar suatu saat nanti para lulusan ini betul-betul memiliki karakter yang baik. menurut saya pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling mudah diantara pertanyaan-pertanyaan lainnya, bobot penilaian soal ini memiliki bobot yang berbeda dari poinnya 1 sampai dengan 5, yang jelas semua jawaban memiliki bobot nilainya masing-masing, tetapi jangan salah, karena tes TKP ini juga memiliki passing grade yang lumayan tinggi yaitu 149. sehingga setiap soal diharapkan dapat kita peroleh nilai 5 atau 4 jika memang ingin lulus dari tes TIU ini. (saran=pilihlah jawaban yang menurut anda paling baik, karena tes ini semakin baik jawaban yang kita pilih, maka akan semakin tinggi bobot nilainya)
ketiga jenis tes tersebut memiliki jumlah yang berbeda yaitu untuk TWK berjumlah 35 soal, TIU 30 soal dan TKP 35 soal. jumlahnya 100. mudah-mudahan kita semua diberikan kemudahan dalam menjalani tes SKD CAT dan menjadi abdi negara yang kita cita-citakan. amiin.

demikian saja tulisan ini saya tulis tentu tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan yang diharapkan oleh para pembaca, sehingga saya mengharapkan agar sudi kiranya memberikan komentar yang berbentuk membangun agar artikel ini menjadi lebih baik kedepannya terima kasih, wassalam

silakan comment dibawah jika ada yang perlu ditanyakan.



2 komentar:

  1. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    Over 160 000 women and men are utilizing a easy and SECRET "water hack" to burn 2lbs each and every night as they sleep.

    It is effective and works with everybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Hold a clear glass and fill it up half the way

    2) Proceed to learn this amazing hack

    you'll be 2lbs lighter as soon as tomorrow!

    BalasHapus
  2. If you're trying to lose kilograms then you certainly have to try this totally brand new personalized keto plan.

    To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks have united to produce keto meal plans that are useful, painless, cost-efficient, and enjoyable.

    Since their launch in 2019, hundreds of people have already remodeled their body and health with the benefits a smart keto plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones offered by the keto plan.

    BalasHapus